Mengapa makanan yang disimpan lama di dalam kulkas menjadi kering?

Mengapa makanan yang disimpan lama di dalam kulkas menjadi kering?

kulkas

Pernahkah kalian memperhatikan makanan yang disimpan dalam jangka waktu yang lama di dalam kulkas? Apa yang terjadi pada makanan tersebut?

Jika kalian memperhatikannya, makanan yang disimpan dalam jangka waktu yang lama di dalam kulkas akan menjadi kering. Apa Penyebabnya? Penasaran?? Let’s check it out

Air di permukaan makanan akan berubah menjadi molekul es yang sangat halus. Molekul-molekul air itu akan berusaha mencari tempat yang memiliki energi yang paling rendah. Tempat yang mempunyai energi paling rendah dalam kulkas adalah dinding freezer. Semakin lama air yang terdapat dalam makanan, maka semakin banyak air yang berubah menjadi molekul es dan lepas dari makanan menuju freezer. Makanan akan menjadi kering dan keriput karena kehilangan air. Sementara itu pada dinding freezer banyak terdapat bunga es.

Sekarang sudah tahu kan alasan mengapa makanan yang dibiarkan terlalu lama di kulkas menjadi kering.

Berikut ini ada TIPS untuk menyimpan makanan di dalam kulkas supaya tidak mengering :

  • Untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lama dalam kulkas, gunakanlah pembungkus makanan yang kedap air. Misalnya tempat makan dari plastik
  • Bungkuslah makanan sampai tidak ada udara dalam bungkus makanan itu.

TIPS memilih makanan yang telah dibekukan

Pernahkah kalian membeli ┬ámakanan yang telah dibekukan? Perhatikan apakah ada kristal-kristal es disebelah dalam kemasannya. Apabila ada, ada dua kemungkinan. Makanan itu telah “kering” karena disimpan terlalu lama, atau pernah dicairkan kemudian dibekukan kembali. Sebaiknya jangan beli makanan yang seperti itu.

Sekian postingan tentang “mengapa makanan yang dibiarkan terlalu lama di kulkas menjadi kering”, semoga bisa menambah pengetahuan kita.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *